Jumat, 26 Agustus 2011

Keuangan dan Kesehatan

Halo Pembaca, bagaimana kabar Anda? Semoga Anda dalam kondisi yang sehat sehingga dapat melakukan segala aktivitas Anda pada hari ini.

Topik yang hendak dibahas pada kesempatan ini adalah hubungan antara kesehatan dan keuangan. Mungkin Anda pernah mendengar pepatah mengatakan bahwa 'Kesehatan adalah harta yang paling berharga'. Pepatah ini BENAR sekali. Karena kita dapat melakukan segala kegiatan kita sehari-hari, mencari nafkah dan mengelola keuangan, semuanya disebabkan karena kita diberkahi badan yang sehat.

Tanpa adanya kesehatan, kita tidak dapat masuk ke kantor untuk bekerja. Bila kita sakit terus-menerus, atasan kita akan menjadi marah, atau bahkan mungkin memberhentikan kita dari pekerjaan sekarang. Akibatnya kita bisa kehilangan sumber pendapatan kita.

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk mengobati penyakit juga tidak murah. Biaya dokter, biaya obat, apalagi bila penyakitnya tergolong parah sehingga mesti menginap ke rumah sakit. Semua biaya-biaya ini akan menggerogoti keuangan kita. Tidak sedikit orang yang menjadi miskin karena jatuh sakit. Tentunya kita tidak ingin hal ini terjadi pada kita.

Oleh karena itu kita mesti mensyukuri karena kita telah diberkahi dengan tubuh yang sehat. Dan kita mesti menjaga tubuh kita agar tetap selalu sehat, karena kesehatan tubuh kita sangat penting bagi keuangan kita. Berikut adalah tips-tips untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

Berolah raga 3 kali seminggu.

Olahraga seperti jalan kaki, jogging, bersepeda ataupun aerobik sangatlah baik untuk kesehatan tubuh kita. Berolahragalah setidaknya tiga kali seminggu, dalam waktu setidaknya 30 menit per sesi. Dengan berolah raga secara teratur, kita dapat menurunkan berat badan, meningkatkan kekuatan, energi dan vitalitas; dan meredakan tekanan stres yang sedang kita alami.

Minum suplemen multivitamin.

Untuk jaman sekarang, makanan sehari-hari saja masih tidak cukup untuk kebutuhan gizi dalam tubuh kita. Kita masih perlu menambahkan suplemen multivitamin untuk melengkapi gizi dan meningkatkan daya tahan tubuh kita. Untungnya sekarang suplemen multivitamin sudah tersedia banyak, sehingga bisa kita dapatkan dengan mudah di apotik ataupun toserba terdekat.

Jangan menumpuk stres, dan beristirahat yang cukup

Hidup kita semakin hari semakin susah. Apalagi bagi yang hidup di kota besar. Jalan raya yang semakin macet, jumlah pekerjaan yang semakin banyak, atasan yang suka marah, dan lain-lain akan menambah stres kehidupan kita. Hadapilah semuanya dengan tenang. Secara rutin lakukan relaksasi atau jalan-jalan ke taman untuk menghirup udara segar. Beristirahat yang cukup (tidur 8 jam per hari) dapat membantu mengembalikan stamina tubuh Anda untuk hari selanjutnya.

Hindari rokok.

Kebiasaan merokok sangat menggerogoti keuangan kita. Setiap hari perokok harus merongok koceknya untuk membayar setiap batang rokoknya. Padahal dengan kebiasaan merokoknya, perokok memiliki resiko yang lebih besar untuk terkena penyakit jantung, kanker ataupun gangguan pernapasan yang tentunya memerlukan biaya yang cukup besar untuk pengobatannya.

Pilihan makanan sehat

Hindari junk food yang biasanya ditawarkan oleh fast food restaurant. Hindari pula makanan yang terlalu banyak mengandung minyak goreng, karena lemak jenuh yang dikandungnya bisa menyebabkan kita menjadi gemuk dan menyumbat saluran darah kita. Lebih baik kita mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan segar.

Sekian tips pada kesempatan ini. Ingatlah bahwa kesehatan tubuh kita adalah asset kita yang paling berharga. Dengan berinvestasi pada kesehatan tubuh kita, berarti kita juga menjaga keuangan kita agar tetap sehat. Jangan menunggu hingga besok hari, segeralah lakukan tindakan-tindakan untuk merawat kesehatan tubuh Anda, dimulai dari hari ini j

Tidak ada komentar:

Posting Komentar